Tuesday, September 13, 2011

Ganti glasswool, NOB1 adem lagi

Sabtu sore kemarin terlaksana juga ganti glasswool di knalpot NOB1. Cerita bongkarnya ada di sini: http://solo-onlens.blogspot.com/2011/09/mengintip-jeroan-knalpot-nob1.html

Saya pake tiga bahan: serabut stainless yg buat cuci piring (2 bungkus @2rb), lembaran anyaman serat fiber (3 lembar @3,5rb), dan glasswool putih merk NOB1 (1 bungkus besar 30rb). Idealnya, serabut stainless ditaruh di lapisan terdalam (cukup 1 lapis saja) guna menahan panas dari pipa agar tdk langsung mengenai glasswool (biar awet). Namun ini tidak saya lakukan krn punya pertimbangan: kalau kena air, serabut logam ini bakal berkarat dan rapuh.

Glasswool NOB1 ukuran besar (gambar ambil dari situs NOB1 Racing):


Penampilan mat fiber (gambar diambil dari internet dgn bantuan mab google - lupa)


Serabut stainless yang biasa buat cuci piring (gambar ambil dari Forum-Vixion)



Maka susunan peredam saya buat sebagai berikut.
- Lapisan paling dalam: lembaran serat fiber dilapiskan ke pipa 'sarangan'. Entah benar atau tidak, saya berpendapat serat ini tahan panas shg dapat melindungi glasswool dari panas berlebih. Kalo ternyata saya salah, pasti lapisan ini cepet hancur (nanti saya buktikan lagi)....
- Lapisan tengah: 1 lapis serabut stainless, sebagai penyekat agar glasswool tdk langsung menyentuh serat fiber. Dalam pemasangannya, serabut ini dibiarkan berpilin-pilin (dililit longgar, ketebalan 0,5 - 1 cm). Sepertinya serabut stainless ini tidak memiliki efek peredaman suara, sehingga tidak perlu terlalu tebal.
- Lapisan terluar: glasswool putih. Satu lembar glasswool NOB1 kemasan besar ternyata terlalu banyak, sisanya saya potong dengan gunting. Namun agar lebih padat, sisa ini saya jejalkan lagi di bagian tepi (setelah pipa terpasang di tabung silencer). Agar gampang dimasukkan ke tabung silencer (dan bentuk gak berubah) maka bagian luar saya ikat dgn sisa2 serabut stainless.

Setelah pipa + peredam dimasukkan ke silencer, bagian belakang dikencangkan dengan paku keling/rivet. Sedang ujung depan untuk sementara saya pasangkan paku ulir. Ntar buat ngecek kondisi glasswool setelah 1 atau 3 bulan....

Waktu diuji coba, hasilnya memuaskan (melibatkan 3 pasang kuping). Suara di rpm rendah mirip (bahkan sedikit lebih adem) dengan NOB1 baru (yg glasswoolnya masih utuh). Suara di rpm tinggi tetep adem cenderung sember. Seingat saya, pada NOB1 dgn peredam/glasswool bawaan, suara di rpm tinggi akan teriak keras dan cenderung cempreng. Singkat kata: peredaman suara sukses, tinggal menunggu pembuktian daya tahannya. Oh ya, uji dengar ini dilakukan dengan db killer terpasang. Blom coba kalau db killer dilepas. Justru malah kepikiran untuk membuat lubang lebih banyak di db killer ......

Sekarang, silencer NOB1 ini (yg ukrn panjang) saya pasang di bebek Grand. Motor ini biasa dipake yg momong anak saya, guna antar jemput sekolah TK. Kebetulan pake NOB1 juga. Yang mengejutkan, ternyata silencer panjang membuat karakter mesin Grand menjadi lebih enak. Mungkin ada benarnya pendapat bahwa motor bebek harian ber-cc kecil lebih cocok pake silencer panjang, mirip knalpot standarnya ....

Terdorong oleh rasa penasaran, silencer pendek ikut-ikutan saya bongkar utk melihat kondisi glasswool. Dilihar dari tepi, glasswool tampak masih utuh n berwarna kuning (tdk terbakar). Ternyata, bagian dalamnya sudah hangus (terutama sisi bawah yg langsung tersembur asap dari mulut silencer). Karena kehabisan bahan (bongkar jam 11 malam, tersisa 1 lembar serat fiber + 2 bungkus sabut stainless buat cuci piring), maka terpaksa sisa glasswool kuning bekas silencer panjang dipake lagi .....
- lapisan dalam: 1 lembar anyaman fiber.
- lapisan tengah: serabut stainless.
- lapisan tepi: glasswool kuning disusun padat, sebagian kondisinya sdh hitam kebakar. Secara fisik, serat2 glasswool kuning lebih kecil dan halus/lembut serta lebih rapat/padat dibanding glasswool putih.

Ketika diuji coba di Minerva VX, suaranya kembali adem (seperti NOB1 baru) dan lebih ngebass dibanding silencer panjang. Secara umum, suara dgn silencer panjang lebih adem dibanding silencer pendek (blm yakin, karena pengaruh perbedaan panjang - selisih ±5 cm - ataukah krn perbedaan isi peredam). Setahu saya, glasswool kuning memang mempunyai efek peredaman suara yg lebih bagus, makanya banyak dipake di kotak speaker. Harganya murah, lagi. Sayang tidak awet buat knalpot krn tidak tahan panas.....

So, bagi agan2 pengguna NOB1, harap diperhatikan kalau glasswool bawaan NOB1 cepet habis kebakar. Kalau demen suara knalpot adem, sebaiknya glasswool diganti setelah pemakaian sekitar 3 - 5 bulan. Pilih glasswool yang berkualitas dan tahan panas...

(posting pindahan dari forum Kaskus)

7 comments:

Anonymous said...

Pertamax di blog kangban... :)

darojatun said...

"...kalau kena air, serabut logam ini bakal berkarat dan rapuh."


hihihihi namanya aja stainless masa berkarat sih pak? lha di tempat cucian piring aja bertahun gk pernah kejadian berkarat kok

Unknown said...

mas gan, kalo buat larinya media motor sport(laki)non N250 dg mnggunakan silincer pendek or panjang getaranya gmn? kalok pake yg pendek apa terlalu bergetar bgt?

Unknown said...

Wkwk kurang teliti

Unknown said...

Cara ini biasanya bisa bertahan berapa lama ?

Jasson said...

Beli gaswol nobi nya dmn?

kangban said...

Wah, sorry maaf blognya terbengkalai...
@Anonymous
ya Bro, welcome

@Darojatun
Bisa bro, tergantung komposisi besi-krom-karbon-nikel (faktor interal) dan juga kondisi lingkungan (faktor eksternal). Saya sebut itu 'serabut stainless' krn memang di wadahnya tertulis begitu... wkwkwk. Banyak kok peralatan spt sendok, velg, 'stainless murahan' yg berkarat.

@hervicky madiun
Setahu saya, ganti knalpot sedikit-banyak ikut berpengaruh pada getaran mesin. Klo di Minerva gak bgtu kerasa bedanya, krn dari sononya sdh bergetar... wkwkwk. Untuk mengurangi getaran di stang, saya akali ganti besi jalu yg lebih berat. Lumayan banget, getaran teredam.

@Reval Rossendi
:-)

@Unknown
Gak lama Bro, gak sampai setahun suara sudah cempreng n kenceng lagi. Ada yg merekomendasikan diganti tiap 3 - 6 bln.

@Jasson
Beli di toko accessoris motor. Kalau dulu, di toko2 yg jual knalpot Nobi biasanya punya glasswool ini.