Wednesday, September 14, 2011

Glasswool NOB1 Setelah 6 Bulan

Genap 6 bulan sudah saya ganti glasswool utk knalpot NOB1 di Minerva VX saya (pasang pertengahan Maret 2011). Kini (bln September 2011) waktunya melihat kondisinya, sekaligus memberi opini (sifatnya pribadi) dari kegiatan utak-utik knalpot dulu.


Cek beberapa hal berikut ini.
- silencer NOB1 yg panjang lebih mampu meredam suara dibanding silencer pendek.
- silencer NOB1 yg pendek lebih mendukung utk mengail akselerasi motor dibanding silencer panjang (kasus di Minerva VX saya).
- glasswool merk NOB1 lebih mampu meredam suara dibanding glasswool putih/kuning biasa (lha iyalah, wong harganya juga berlipat-lipat lebih mahal... )
- db killer NOB1 mampu meredam kebisingan suara knalpot dgn signifikan (lha pasti lah, namanya juga db killer...), namun sedikit banyak akan mengebiri performanya.
- silencer diisi glasswool saja, karakter suara akan ngebas agak cempreng (didengar dari pengendara, db killer dipasang).
- semakin padat pengisian glasswool, suara bakal lebih teredam (tapi kalo terlalu padat, kenapa karakter ngebassnya malah berkurang ya...? )
- kombinasi peredam: serabut stainless (lapisan terdalam), glasswool NOB1, mat fiber (lapisan luar) menghasilkan karakter suara yg halus tapi cempreng (didengar dari pengendara, db killer dipasang).
- kombinasi peredam: mat fiber (lapisan terdalam), serabut stainless, dan glasswool (lapisan terluar) menghasilkan karakter suara halus padat (didengar dari pengendara, db killer dipasang); ini yang paling pas di kuping saya.


Sementara itu dulu. Knalpotnya sendiri belum dibedah ulang buat ngecek kondisi glasswool. Maklum, posisi motor Minerva VX lagi dibawa kakak Semarang hingga beberapa bulan ke depan.*

1 comment:

penginapan murah said...

Mantab Jiwa Melegenda guest