Tuesday, September 13, 2011

NOB1 Silencer Panjang V.S. Pendek

Berhubung silencer knalpot NOB1 di Minerva VX sya baru dilepas, mo dipasang glaswool, maka untuk sementara saya pasangin silencer NOB1 yg biasa dipake di Karisma (Karisma balik pakai knalpot standar). Silencer NOB1 untuk bebek lebih pendek beberapa cm dan diameter lubang yg terhubung ke leher knalpot lebih kecil. Agar bisa dipasang, penutup depan silencer yg panjang (biasa dipake di VX) saya lepas dan dipasangkan ke silencer yg pendek. Tutup yg disilencer pendek tentu dilepas terlebih dahulu. Ternyata silencer yang pendek ini gampang dilepas...

FYI, knalpot NOB1 khususnya model 3Bold punya dua macam silencer: pendek dan panjang. Yg pendek biasa dipakai di motor bebek, kecuali bebek super macam Jupie MX, CS-1, FU, dst. Sedang yg panjang biasa dipake di motor laki (motor seport). Untuk motor apapun, silencernya ya itu-itu saja. Harganya juga begitu (2010 - 2011): pendek 200-an rb, panjang 300-an rb, kecuali utk Ninja 250 yg kelewat mahal. Yg beda cuma panjang pendek dan bentuk lekukan leher knalpot, itu aja. Pantas aja, tiap ada motor baru, NOB1 bisa cepet bikin knalpot alternatifnya. Efeknya, knalpot ini terkesan pasaran, gak eksklusif. Maklum, mana ada barang eksklusif yang murah... he.. he.. he...
Berikut penampakan silencer tsb terpasang di Minerva VX.

Knalpot standar Minerva VX:


Knalpot NOB1 silencer panjang:


Knalpot NOB1 silencer pendek:


Sehari-hari, Minerva VX saya pakai knalpot NOB1 dgn silencer panjang, silencer standar NOB1 untuk motor laki. Begitu nyoba pake silencer pendek, stang terasa lebih bergetar, bahkan sejak di rpm rendah. Tapi getaran di rpm tinggi, rasanya sama aja dgn wktu pake silencer panjang. Pas dicoba tes jalan, terasa banget kalo tarikan motor lebih yahud (gir blk sudah diturunkan jadi 36, dari standard 38 mata). Kalau dibanding2-kan, respons tarikan saat perpindahan gigi mirip waktu VX saya belom ganti gir belakang (uk. 38). Tenaga mesin di rpm rendah (4rb - 6rb) juga lebih ‘keluar’. Hal ini terasa waktu dicoba jalan pake gigi 5 rpm rendah. Selama pake silencer panjang, jalan di gigi 5 kalo rpm-nya rendah, maka tenaganya jadi ngemposss, loyo, buat menaikkan rpm lagi butuh betotan gas yg 'lebih'...

(posting pindahan dari forum Kaskus)

No comments: